Kota Cebu, Filipina – The Good, The Bad dan The Ugly

[ad_1]

Seorang turis yang mengunjungi Kota Cebu untuk pertama kalinya mungkin dimatikan oleh beberapa situs kota. Kota ini memiliki beberapa resor kelas dunia, hotel, pantai, dan tempat menyelam. Ini juga memiliki beberapa wilayah kemiskinan paling dahsyat di dunia. Kota Cebu adalah ibu kota Provinsi Cebu dan merupakan kota terbesar kedua di Filipina setelah Manila. Saya selalu merasa seperti di rumah di kota dan tinggal di kota sebelum membangun rumah saya di Provinsi Kepulauan Camotes Cebu. Kota Cebu adalah campuran dari yang lama dan baru, kaya dan miskin, baik dan buruk dan cantik dan jelek. Ada juga campuran bersih dan benar-benar kotor atau kotor. Aturan bagi siapa pun yang akan pergi ke Cebu untuk pertama kalinya adalah tidak membuat penilaian cepat.

Perjalanan pertama saya ke Kota Cebu adalah pada bulan Februari 2004. Saya pergi ke Filipina untuk bertemu seorang gadis (Judith) sekarang istri saya. Saya terbang ke Bandara Cebu-Mactan dan dijemput oleh Judith dan salah satu saudari di sini. Penerbangan saya dimulai di Florida dan kaki terakhir penerbangan berasal dari Hong Kong. Bandara Internasional Cebu hanya sedikit ketinggalan jaman, tetapi sangat fungsional. Begitu berada di luar pintu bandara, saya melihat gelombang orang yang menunggu untuk bertemu orang-orang yang datang dari penerbangan dari Hong Kong. Bandara tidak terlalu sibuk ketika saya tiba dan saya pikir pesawat saya adalah satu-satunya penerbangan yang tiba pada saat itu. Ketika orang-orang dari penerbangan saya berjalan di luar pintu bandara, mereka dibombardir dengan pesawat ulang-alik, taksi, dan penyambutan V-hire, semuanya mencoba mendapatkan ongkos. Saya bertemu Judith tepat di luar pintu bandara. Dia, saudara perempuannya dan saya semua melompat ke Taksi Kia tua dan kami pergi ke hotel.

Taksi itu tua dan tidak terawat dengan baik. AC tidak berfungsi dan jendela tidak akan turun. Tentu saja itu tidak masalah karena aku tidak bisa menutup pintu karena kait pintu rusak. Jadi, saya punya banyak udara. Hotel ini sekitar 30 menit berkendara dari bandara. Ketika kami melakukan perjalanan di jalan-jalan kota, saya melihat trotoar yang padat dibuat lebih ramai oleh banyak pedagang kaki lima dan pedagang kaki lima. Beberapa jalan yang kami tempuh dipelihara dengan baik sementara yang lainnya dalam kondisi sangat buruk. Jalan-jalan penuh sesak dengan banyak jenis mobil, tetapi kebanyakan Kia dan Hyundais. Ada juga banyak Jeepneys, metode perjalanan tradisional Filipina. Sebuah jeepney terlihat seperti sebuah jip militer yang diregangkan dengan hardtop dan area kargo besar yang digunakan untuk dua bangku untuk tempat duduk penumpang. Jeepneys biasanya dicat dengan beberapa warna berbeda dan banyak krom. Banyak jeepney yang tidak dirawat dengan baik dan sebagian besar memiliki ban yang botak dan sistem pengereman mungkin dipertanyakan. Juga, ada banyak sepeda motor kecil.

Setelah bepergian hanya beberapa menit, saya memutuskan bahwa kendaraan paling berbahaya di Cebu adalah Jeepney, Taksi, dan akhirnya sepeda motor. Para pengemudi jeepney cenderung menguasai jalan dan berhenti di kedua sisi jalan untuk mengambil atau menurunkan penumpang. Saya melihat banyak jeepney memotong kedua jalur lalu lintas hanya untuk menurunkan orang dan kemudian melihat orang lain berbelok dengan cepat ke sisi jalan memotong lalu lintas sehingga pengemudi bisa melompat keluar dari jeepney untuk buang air kecil di sepanjang sisi jalan. Taksi tidak lebih baik, tetapi menimbulkan ancaman yang sedikit lebih kecil karena kendaraan yang lebih kecil dari sepeda motor jeepney tampaknya menjadi bahaya hanya untuk pengemudi sepeda motor dan penumpang dan siapa pun yang berjalan di sepanjang jalan atau di trotoar. Sepeda motor membuat jalur lalu lintas mereka sendiri di bahu kecil apa pun yang mungkin ditawarkan jalan atau kadang-kadang mengemudi di garis pembatas dicat sebagai jalan sempit untuk membuat jalur lalu lintas tambahan untuk diri mereka sendiri. Di lain waktu saya melihat sepeda motor menyusuri trotoar di sekitar pejalan kaki. Namun, para pejalan kaki tampaknya tidak terlalu peduli dengan kecerobohan dan terus melanjutkan perjalanan mereka.

Ketika kami melanjutkan perjalanan ke hotel, kami berkendara melewati berbagai wilayah kota. Beberapa daerah sangat tua dan bangunan-bangunan tampak seolah-olah mereka siap untuk dihancurkan beberapa tahun yang lalu. Banyak bangunan dan depan toko beton dengan kayu lapis atau lembaran baja bergelombang yang ditambahkan ke jendela yang rusak dan batang baja menutupi jendela atau kayu lapis. Saya tidak dapat membayangkan apa yang akan sebanding dengan biaya jeruji baja karena bangunannya sangat buruk. Saya yakin isi di dalamnya tidak lebih baik. Saya melihat beberapa front toko kecil dengan seorang janda terbuka besar yang ditutupi dengan kawat ayam. Toko-toko kecil ini seukuran lemari kecil dan ada selusin toko kecil ini di setiap jalan. Mereka disebut toko sari-sari dan menjual hanya beberapa barang seperti ikan kaleng, beras, makanan ringan, rokok dan sebagainya. Sebagian besar toko kecil ini menempel di depan rumah-rumah pribadi dan dibangun secara kasar dari kayu lapis dan atap seng yang tidak dicat. Sebagian besar toko Sari-sari menghalangi trotoar, memaksa orang berjalan di jalan untuk mengelilingi kotak kayu lapis yang menonjol. Toko Sari-sari lainnya memiliki meja kecil atau meja di sepanjang trotoar sempit untuk pelanggan pembelian rum dan mesin karaoke membantu menghalangi trotoar.

Di banyak daerah lama, trotoar dipenuhi dengan gubuk-gubuk milik para penjual, tenda-tenda atau tempat-tempat penampungan lain untuk menjual barang. Trotoar milik vendor dan pejalan kaki yang tersisa untuk menemukan jalan sendiri di sekitar penghalang jelek. Gubuk-gubuk vendor kecil di trotoar ini memblokir bangunan toko di belakang dan saya masih bertanya-tanya mengapa pemilik toko mengizinkan para pedagang untuk memblokir toko mereka. Jalan-jalan lingkungan lama dan trotoar di sebagian besar wilayah kotor. Sampah tersebar di jalan-jalan, ayam diikat ke tiang listrik atau tanda-tanda jalan serta anjing. Banyak rumah tua di sepanjang jalan-jalan komersial kota mungkin atau mungkin tidak memiliki air mengalir dan sistem saluran pembuangan. Banyak orang menggunakan jalan dan trotoar sebagai kamar mandi dan bahkan mandi di trotoar. Infrastruktur lingkungan lama hampir tidak ada. Ada drainase yang buruk, sistem saluran pembuangan yang buruk, dan saluran listrik menggantung rendah ke tanah dengan ratusan kabel terpasang secara sembarangan ke tiang tunggal yang lemah. Saya sering bertanya-tanya bagaimana truk membuatnya di bawah kabel ini tanpa memukul kawat. Dalam banyak kasus, truk yang lebih besar memang menabrak kabel dan melumpuhkan daya ke bagian besar kota.

Satu hal yang menonjol bagi saya ketika kami melewati semua area di dalam taksi adalah orang-orang semua tampak bahagia. Meskipun, apa yang saya lihat sebagai kemiskinan besar dan kondisi kehidupan yang mengerikan, orang-orang ini, atau paling tidak banyak orang bahagia. Meskipun, sebagian besar orang yang saya lihat bergegas ke trotoar melakukan rutinitas harian mereka. Saya pikir orang-orang ini melakukan hal yang sama seperti orang lain di kota besar di seluruh dunia. Namun, kunjungan pertama saya di Kota Cebu membuka mata saya pada fakta bahwa paling tidak, kota itu dilanda kemiskinan atau memiliki populasi besar yang hidup dalam kemiskinan.

Setelah sekitar 30 menit naik taksi, kami masuk ke daerah yang jauh lebih baik dari kota dan di sana seperti oasis di tengah-tengah semua kemiskinan, Hotel yang indah ini dan pusat perbelanjaan modern yang besar di sebelahnya, serta beberapa besar modern baik mempertahankan bangunan bertingkat tinggi. Adegan itu sangat berbeda dengan daerah-daerah tua di kota itu. Daerah ini dapat ditemukan di setiap kota AS modern dan tampak sangat mirip dengan area komersial di kota AS. Area ini disebut Ayala Business Park dan Ayala Mall. Ini adalah Kota Cebu modern dan itu adalah segala sesuatu yang Anda akan temukan di setiap kota modern.

Begitu sampai di Hotel, Marriott, saya check in ke kamar yang sangat bagus dan kami semua pergi ke ruang makan untuk makan siang yang menyenangkan. Segera setelah itu, hanya Judith dan aku ketika saudara perempuannya pulang ke rumah. Judith kemudian mengajakku menyeberangi taman menuju Mall Ayala, hanya lima menit berjalan kaki dan begitu berada di dalam mal, aku terkagum-kagum. Toko-toko itu sama seperti di AS, Ace Hardware, Levi, MacDonald's dan sebagainya. Plus, beberapa department store Filipina dan berbagai jenis restoran dan kedai kopi. Semua pegawai toko dan orang penjualan berbicara bahasa Inggris dan hampir semua orang Filipina yang berjalan melalui toko-toko berbicara bahasa Inggris. Lainnya menggunakan campuran bahasa Inggris dan bahasa Cebuano asli mereka. Semua tanda toko ditulis dalam bahasa Inggris dan menu restoran ditulis dalam bahasa Inggris. Dalam banyak hal saya merasa seolah-olah saya baru saja bepergian 20 jam lebih dari Florida untuk berada di kota AS.

Meskipun ada banyak orang asing lain di mal, banyak orang Filipina berjalan dengan bertanya dari mana saya berasal dan pada umumnya semua orang sangat ramah kepada saya. Sementara di mal saya membeli beberapa jenis barang untuk dibawa pulang dan Judith dan saya hanya melakukan banyak window shopping. Saya senang melihat harga sebagian besar barang di toko sangat murah dibandingkan dengan AS. Saat itu satu dolar AS dibeli 56,00 peso. Hari ini satu dolar menjadi sekitar 44,00 Peso. Masih bagus, tapi hari ini aku berhati-hati dalam membelanjakannya. Menjelang sore, saya siap untuk tidur setelah penerbangan panjang ke Cebu. Judith pulang ke rumah dan saya pensiun ke kamar hotel saya.

Keesokan paginya Judith berada di hotel cerah dan awal dan kami sarapan di hotel dan kemudian pergi untuk melihat kota dan beberapa resor pantai. Cebu memiliki resor yang indah dan indah dan semuanya sangat terjangkau. Resor semua dipelihara dengan baik dan modern. Populasi pelanggan terbesar di resor adalah orang asing dan staf Filipina. Saya dengan cepat mengubah pendapat saya tentang kota dari dunia ketiga yang dilanda kemiskinan menjadi kota komersial dan turis modern dengan beberapa daerah lama yang membutuhkan banyak bantuan.

Selama perjalanan saya ke Cebu, kami pergi ke daerah lama Colon. Colon adalah jalan tertua di negara ini dan memiliki beberapa markah tanah. Namun, Colon adalah area kotor dari bangunan yang sangat tua dan tidak terawat. Prostitusi adalah masalah utama di daerah Colon seperti kejahatan jalanan. Ada beberapa pasar yang indah dan penawaran hebat yang bisa ditemukan di Colon, tetapi bukan area untuk turis baru untuk berkeliaran sendirian. Hotel dapat memiliki harga yang sangat murah di Colon. Beberapa hanya $ 20,00 malam, tetapi hotel-hotel ini melayani mereka yang mengambil gadis-gadis jalanan dan kedua gadis dan kamar benar-benar kotor. Tahun lalu Judith dan aku menginap di dua hotel Colon yang berbeda. Kami pergi ke kota untuk perjalanan belanja bulanan kami dari Camotes Islands. Kami memutuskan untuk mencoba hotel karena mereka murah dan dekat dengan banyak pasar luar. Saya tidak akan pernah menginap di hotel-hotel ini lagi. Kata-kata terbaik untuk menggambarkan mereka adalah tua, kotor, tikus penuh dan penuh pelacur. Kedua hotel ini tampaknya melayani pria asing tunggal dan gadis-gadis yang mungkin ditemukan pria di bar-bar Colon atau di jalanan. Daerah ini memiliki beberapa bar tipe Bikini kecil dengan Bar Girls (Prostitutes) juga disebut GRO. Kecuali Anda mencari pelacur ada sedikit alasan untuk pergi ke Colon setelah gelap dan bahkan kemudian seseorang harus sangat berhati-hati. Ini tidak dimaksudkan untuk mengatakan bahwa semua Colon buruk. Ada beberapa toko dan restoran yang bagus di Colon. Saya menikmati berbelanja di daerah Colon, tetapi orang perlu berhati-hati di Colon.

Selama kunjungan pertama saya, saya melihat hampir semua wilayah Kota Cebu dan merasa aman setiap saat. Tentu saja kami tidak pergi ke bagian kota yang lama setelah gelap. Alih-alih kami berada di resor atau di sekitar Ayala Park dan ini semua adalah daerah yang sangat aman dan menyenangkan. Saya akan merekomendasikan Kota Cebu kepada siapa pun yang ingin pergi ke resor besar dan menghabiskan waktu di pantai yang indah, pergi menyelam, mengambil tur perahu dari pulau terluar dan tidak menghabiskan banyak uang. Ada begitu banyak hal yang harus dilakukan di Cebu City dan begitu banyak hal hebat untuk dilihat. Menginap di salah satu resor sangat terjangkau hanya sekitar $ 60,00 per malam dan beberapa setinggi $ 250,00. Makan malam di restoran juga sangat murah. Makanan di restoran yang bagus dapat biaya hanya $ 10.00 hingga $ 20,00 untuk dua orang, saya memiliki waktu yang indah selama kunjungan pertama saya. Namun, saya memiliki Judith sebagai pemandu wisata saya dan sebagai pacar saya. Saya tidak yakin saya akan menyukai Kota Cebu sebanyak yang saya lakukan jika Judith tidak bersama saya selama perjalanan pertama.

Segera setelah kunjungan pertama saya ke Kota Cebu saya pindah dari Florida ke Cebu pada 2004. Saat ini Judith dan saya bertunangan untuk menikah dan saya ingin tinggal di Kepulauan Camotes. Namun, kami memutuskan untuk tinggal di kota sambil mencari lahan untuk membangun rumah di Camotes. Camotes Islands adalah provinsi pedesaan Cebu dan hanya dua jam dari kota dengan perahu. Kami menyewa rumah dua kamar tidur baru di daerah Lahug di Kota Cebu. Sewa bulanan hanya $ 125,00 plus kabel TV kami sekitar $ 15,00 sebulan. Rumah itu terletak di sisi bukit yang menghadap ke kota dan dekat dengan segala yang kami butuhkan. Lahug adalah daerah yang sangat bagus dan sekarang ada banyak sub-divisi perumahan baru yang dibangun di daerah tersebut. Anggaran bulanan kami saat tinggal di Lahug sekitar $ 700,00 dan itu termasuk sewa, utilitas, makanan, taksi, dan bahkan banyak makan malam di restoran dan hiburan. Saya berasumsi jika kami masih tinggal di Lahug, anggarannya hanya beberapa dolar sebulan.

Hanya dalam beberapa minggu setelah pindah ke rumah Lahug saya merasa seolah-olah Cebu adalah kota saya dan saya benar-benar menikmati kehidupan kota. Kota ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada orang asing dan kota selalu berusaha menarik lebih banyak pensiunan asing. Ini benar-benar adalah kota yang ramah asing (expat). Kelompok terbesar orang asing di Cebu adalah Korea, kemudian Amerika, Australia, Inggris dan Jepang. Tidak ada ketegangan atau masalah rasial di kota yang saya sadari dan kota ini sangat aman. Namun, seperti kota besar di dunia ada kejahatan, tetapi menggunakan perlindungan umum dan tindakan pencegahan seseorang dapat memiliki kehidupan yang bahagia di Kota Cebu. Mengemudi di kota adalah sesuatu yang belum pernah saya coba dan saya rasa saya tidak akan pernah berkendara di kota. Taksi taksi bisa membuat Anda hampir di mana saja di kota dengan $ 1,00 hingga $ 2,00 dan itu bagus untuk saya.

Belanja di kota sangat bagus dan ada produk dari seluruh dunia di toko-toko Filipina. Banyak toko makanan menyimpan merek-merek barat sehingga Anda tidak akan pernah rindu akan makanan favorit Anda dari rumah. Pasar luar, yang terletak di seluruh kota menawarkan penawaran hebat dan selalu menyenangkan untuk bernegosiasi harga dengan vendor. TV kabel tersedia di kota dan menawarkan banyak acara dan program berita Amerika. Anda dapat pergi ke bioskop dan melihat film rilis baru sekitar $ 1,00 dan popcorn hanya beberapa sen. Kota ini telah berkembang sejak saya pindah ke Filipina. Ada banyak perumahan baru yang dikelola oleh Sub-Divisi yang melayani pembeli asing, gedung-gedung kondominium bertingkat tinggi, dan semua resor terus menarik orang asing. Dua mal besar di kota, Ayala dan SM keduanya meluas. Banyak jalan telah ditingkatkan serta infrastruktur di banyak daerah. Kota ini menjadi daya tarik utama bagi pariwisata dan selalu berusaha mendatangkan lebih banyak turis dan lebih banyak pensiunan asing.

Setiap expat pada pensiun bulanan sekitar $ 1.000,00 dapat hidup seperti raja di Cebu City. Anda dapat hidup dengan kurang dari $ 1.000,00 tetapi saya pikir $ 1.000,00 adalah angka yang tepat jika Anda termasuk menabung sedikit setiap bulan untuk keadaan darurat, perjalanan pulang ke rumah dan kebutuhan medis. Kota ini memiliki rumah sakit yang sangat baik dan biaya pengobatan jauh lebih sedikit di Filipina. Perawatan gigi yang bagus dengan harga yang sangat terjangkau juga tersedia di Filipina. Banyak orang pergi ke Cebu untuk liburan medis atau gigi. Ingat saja, jika Anda berpikir ingin pindah ke Kota Cebu, lakukan pekerjaan rumah Anda. Apakah Anda ingin tinggal di negara baru? apakah Anda ingin dipisahkan dari keluarga dan cucu-cucu Anda ?, jika Anda sudah menikah bagaimana perasaan istri Anda tentang tinggal di Cebu? Jika Anda memiliki anak kecil, apakah Anda ingin mereka tinggal di negara baru dan bagaimana dengan pendidikan mereka? Apakah Anda memiliki kesabaran dan pengertian untuk belajar dan hidup dalam budaya baru? Apakah Anda memiliki uang untuk menjalani kehidupan yang baik di Cebu tanpa perlu mencari pekerjaan? Apakah Anda memiliki cukup uang untuk menutup semua jenis keadaan darurat yang mungkin memerlukan lima hingga sepuluh ribu dolar? Akhirnya, apa alasan Anda ingin hidup di negara baru? Jika Anda bisa jujur ​​dengan diri sendiri dan memiliki jawaban positif untuk pertanyaan di atas, maka mungkin Kota Cebu adalah untuk Anda?

Ingat juga, ekonomi Filipina sedang berjuang. Orang Filipina dengan gelar sarjana empat dan enam tahun mengemudi taksi atau bekerja sebagai pegawai toko. Pengangguran di negara ini melalui atap. Kemiskinan adalah masalah besar di negara ini. Untuk semua keindahan Filipina, Kemiskinan terus menghancurkan banyak orang Filipina dan masa depan mereka dan menciptakan wajah jelek ke negara yang indah. Baru minggu ini pada 8 November 2007, seorang gadis berusia 11 tahun di Manila yang tinggal bersama ibu, ayah dan adik lelakinya di sebuah kota kumuh menggantung dirinya sendiri. Alasan yang tertinggal dalam catatan dari gadis kecil itu adalah karena kemiskinan yang dia dan keluarganya tinggal. Ayah tidak dapat menemukan pekerjaan selama berbulan-bulan dan ibunya bekerja hanya $ 1,00 sehari. Gadis kecil itu baru saja malam sebelum meminta ayahnya untuk P200.00 untuk proyek sekolah. Sang ayah tidak memiliki uang, hanya di bawah $ 4,00. Yang diinginkan gadis itu adalah menyelesaikan sekolah dan membeli sepeda baru. Mimpi sederhana yang diperumit oleh kemiskinan parah di negara yang berjuang untuk mengatasi korupsi dan pencurian politik. Harap diingat, apa yang dapat Anda habiskan hanya dalam satu hari di Filipina adalah apa yang harus ditanggung seorang Filipina selama sebulan. Kemiskinan memang membawa kehidupan.

Saya benar-benar menyukai gaya hidup saya di Filipina, tetapi butuh waktu, kesabaran, pengertian, dan sedikit pengorbanan untuk hidup di Filipina. Saya membuat beberapa kesalahan sebelum datang ke sini dan beberapa sejak tinggal di sini. Saya tidak punya cukup uang ketika saya datang ke sini pada tahun 2004. Saya telah melakukan beberapa perjalanan kembali ke Florida untuk melakukan beberapa pekerjaan kontrak dan kemudian kembali ke Kepulauan Camotes saya yang terkasih. Saya saat ini jauh dari rumah pada kontrak pengajaran. Namun, bagi saya, ada baiknya harga untuk memiliki hanya beberapa bulan dalam setahun di surga saya yang disebut Camotes Islands, Cebu, Filipina. Saya pikir orang yang mencari liburan yang bagus akan menikmati Kota Cebu. Mereka yang ingin pensiun dengan pensiun sederhana dapat hidup dengan baik di sini, tetapi pastikan tinggal di negara baru tepat untuk Anda. Sebelum membuat keputusan untuk pindah ke sini, adalah bijaksana untuk datang berlibur terlebih dahulu dan melihat kota untuk diri Anda sendiri. Maka Anda dapat memutuskan apakah ini adalah kehidupan yang Anda inginkan. Sekali lagi, bagi saya ini adalah surga.